12 Daerah Wisata Alam Alami di Pulau Sulawesi

12 Daerah Wisata Alam Alami di Pulau Sulawesi

12 Daerah Wisata Alam Alami di Pulau Sulawesi – Sulawesi atau Celebes memiliki beragam tempat wisata yang terkenal dan mendunia. Mulai dari wisata alam laut, daratan, sejarah, buatan, hingga kuliner siap untuk Anda jelajahi. Berkunjung ke pulau Sulawesi berikan Anda kesempatan untuk kunjungi banyak lokasi wisata menarik. Bahkan pulau dengan ibukota ternama Makassar ini masih dipenuhi dengan keindahan alam yang membentang dari ujung ke ujung yang siap diekplor. Celebes (Sulawesi) ini juga dikenal akan beragam jenis taman nasional, wisata alamnya, wisata alam, atau kuliner. Siap untuk menjelajahi pulau ini? berikut beberapa tempat wisata populer yang bisa dikunjungi di Pulau Sulawesi.

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi adalah nama dari kepulauan yang terdiri dari pulau Wangi – wangi, Kaledupa, Tomia, dan Biongko. Pulau – pulau yang terletak di Sulawesi tenggara tersebut memiliki pemandangan bawah laut surgawi. Bahkan menurut sebuah ekspedisi dikatakan bahwa terdapat 750 dari total 850 jenis koral di dunia yang ditemukan di lokasi ini. Bagi Anda yang tertarik untuk kunjungi lokasi ini pastikan untuk menyelam dan melihat keindahan bahari tersebut.

Lokasi: Kec. Wangi-Wangi, Kab. Wakatobi.

Baca Juga: 12 Pantai yang Bisa di Kunjungi saat Liburan di Serang

Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Sekali lagi Anda akan disuguhkan dengan keindahan kehidupan bawah laut. Kepulauan Togean dikenal akan kejernihan air lautnya yang menampakkan keberagaman karang. Terumbu karang yang masih asri tersebut umumnya masih alami, sehingga menjadi rumah idaman bagi banyak biota laut. Hal inilah yang membuat Togean dikenal para turis sebagai lokasi ideal untuk snorkeling, menyelam, memancing, atau hanya sekedar bersantai.

Lokasi: Belapunranga, Kec. Parangloe, Kab. Tojo Una-Una.

Taman Nasional Bantimurung, Sulawesi Selatan

Masih berada di provinsi yang sama, Sulawesi Selatan, Anda bisa menuju ke Kabupaten Maros atau sekitar 45 Km dari Makassar. Taman Nasional Bantimurung yang ada di daerah ini adalah lokasi wisata yang cocok untuk Anda penggemar atau pengamat kupu – kupu. Taman dengan luas 43.750 hektar ini adalah rumah dari 250 spesies serangga cantik ini. Selain itu, Anda juga bisa nikmati pemandangan indah dari bukit kapur, gua, dan air terjun.

Lokasi: Kalabbirang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros.

Pulau Samalona, Sulawesi Selatan

Tidak perlu beranjak jauh dari pantai Losari, Anda bisa naik speed boat menuju ke Pulau Samalona untuk menikmati keindahan biota laut. Pulau yang berjarak 6,8 KM dari kota Makassar ini adalah lokasi favorit untuk penyelam dan snorkeling. Hal ini dikarenakan masih banyak karang laut yang masih asri di sekitar pulau beserta aneka ragam ikan dan biota lautnya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa bersantai dan menikmati aneka ragam seafood segar.

Lokasi: Samalona, Kec. Wajo, Kota Makassar.

Pulau Bulupoloe, Sulawesi Selatan

Jika Anda ingin merasakan ketenangan dan keindahan alam yang masih belum dijamah oleh manusia, maka kunjungi Pulau Bulupoloe. Pulau perawan ini berada 500 km dari kota Makassar, menjadikannya jauh dari pusat keramaian dan polusi. Keasrian pesona alamnya yang menjadi nilai plus. Anda bisa menikmati pemandangan laut, bermain dengan biota alam, dan mencoba kuliner tradisional khas Luwu.

Lokasi: Harapan, Kec. Malili, Kab. Luwu Timur.

Pulau Cangke, Sulawesi Selatan

Berkunjung ke pulau sepi nan kecil menjadi pengalaman unik selama berwisata ke Sulawesi. Pulau Cangke adalah destinasi wisata yang kaya akan pesona alam yang menawan. Pulau kecil ini dipenuhi dengan pohon rimbun, pasir putih dan air yang jernih. Kerap kali penyu datang ke pulau ini untuk bertelur. Jika Anda beruntung, mungkin saja Anda bisa saksikan penyu bertelur secara langsung.

Lokasi: Mattirong Dolangeng, Kec. Liukang Tupabiring, Kab. Pangkep.

Pulau Dutungan, Sulawesi Selatan

Pulau kecil yang ada di perairan Sulawesi selatan ini memiliki daya tarik yang memesona, terutama dari segi keasrian alamnya. Pemandangan laut yang menawan, disertai hijaunya pohon tembakau akan membuat masa berkunjung Anda berkesan. Selain itu, terdapat gugusan terumbu karang dan bebatuan yang indah. Diiringi dengan desiran mbak menenangkan, pastinya Anda bisa beristirahat lebih tenang.

Lokasi: Cilellang, Kec. Mallusetasi, Kab. Barru.

Pulau Gusung, Sulawesi Selatan

Mengunjungi pulau kecil dan sepi pengunjung berikan kesan private yang berbeda. Anda bisa rasakan sensasi tersebut dengan pergi ke pulau Gusung yang hanya berjarak 5 menit dari Dermaga Popsa, Makassar. Yang membuat pulau ini menarik adalah lahannya yang berupa pasir putih yang membentang sepanjang 1 km. Saat Anda menginjakkan kaki di pulau ini, Anda bisa bersantai berjemur atau menyelam dan snorkeling.

Lokasi: Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.

Danau Linow, Sulawesi Utara

Setelah berkunjung ke Tomohon, tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak menikmati ketenangan danau Linow. Danau ini memiliki keunikan tersendiri, yakni warna air yang memancarkan tiga jenis warna, biru, kuning kecokelatan, dan hijau. Meski terlihat segar dan memukau, jangan berpikir untuk berenang di danau tersebut. Pasalnya kandungan belerangnya sangat tinggi. Jadi nikmati saja makan dan bersantai di sekeliling danau.

Lokasi: Lahendong, Tomohon Selatan, Kota Tomohon.

Pantai Apparalang, Sulawesi Selatan

Pantai dengan hamparan pasir putih berkesan sudah biasa, namun bagaimana jika Anda bisa berenang di pantai yang dipenuhi dengan karang? Meski harus berhati – hati, namun Pantai Appalarang memberi kesan yang berbeda. Deretan karang yang memanjang megah beri kontras terhadap birunya air laut. Hal ini wujudkan sebuah tampilan pemandangan yang tidak bisa Anda temukan di lokasi lain.

Lokasi: Ara, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Destinasi ke dua adalah taman Bunaken yang ada di Manado. Taman laut ini adalah daerah konservasi fauna laut dengan total luas mencapai 8,08 km2. Di daerah tersebut terdapat 29 titik menyelam yang berikan Anda kesempatan untuk nikmati keindahan ekosistem bawah laut secara langsung. Anda bisa melihat hamparan karang, beragam biota laut, sembari berenang bersama ikan dari segala spesies. Lokasi: Liang Beach Bunaken, Kec. Wori, Kab. Minahasa.

Pantai Losari, Makassar

Pantai buatan ini adalah ikon utama dari ibu Kota Makassar. Keindahan pemandangan dan strukturnya membuat daerah ini selalu penuh sesak oleh pengunjung. Yang membuat lokasi ini berbeda adalah tidak adanya pasir pantai, hanya struktur beton yang menjorok ke lautlah yang akan Anda temukan. Namun jangan khawatir, Anda bisa lakukan banyak hal seru. Mulai dari berfoto saat matahari terbenam, naik sepeda air dan banana boat, atau berlayar dengan perahu.

Lokasi: Jl. Somba Opu No.57, Maloku, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.