9 Taman Kota dengan Pesona Indah di Jakarta

9 Taman Kota dengan Pesona Indah di Jakarta

9 Taman Kota dengan Pesona Indah di Jakarta – Seluruh daerah di Indonesia saat ini sudah memiliki taman sebagai bentuk ruang terbuka serta membantu peningkatan ketersediaan udara bersih guna meningkatkan kesehatan dan keberlangsungan hidup manusia. Karena hal tersebut, saat ini kita akan semakin mudah menemukan taman atau ruang terbuka yang bisa diakses dengan mudah. Salah satu kota yang memiliki banyak ruang terbuka atau taman adalah kota Jakarta.

Meski Jakarta memiliki gedung bertingkat yang begitu banyak. Namun, untuk kebutuhan udara bersih dan tempat terbuka bisa dibantu dengan keberadaan taman. Nah, bagi Anda yang tinggal di daerah Jakarta atau mungkin sedang berkunjung ke kota tersebut tentunya bisa banget mampir ke beberapa taman.  Jika Anda masih bingung taman apa saja taman di Jakarta yang bisa dikunjungi, maka beberapa rekomendasi taman di Jakarta yang ada pada penjelasan di bawah ini bisa membantu.

Baca Juga: 9 Objek Wisata Ekowisata Terbaik di Indonesia

Taman Suropati

Taman Suropati yang berada di Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat adalah rekomendasi taman di Jakarta yang berikutnya. Taman Suropati sendiri memiliki luas area sekitar 16.328 meter persegi. Memiliki luas area yang cukup besar menjadikan taman Suropati banyak ditamani beragam pohon dan taman yang ditata begitu rapi hingga menjadikan area taman sangat teduh, sejuk dan tentunya segar.

Lalu, pada bagian tengah taman Suropati terdapat kolam air mancur yang cukup besar. Selain itu, taman Suropati juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet, gazebo, bangku taman dan area pedestrian serta jogging track. Meski tak ada area parker dan mushola, tetapi para pengunjung bisa parker di area Masjid Sunda Kelapa sekaligus bisa beribadah di masjid tersebut. Perlu diketahui jika keberadaan taman Suropati berada tepat di seberang masjid Sunda Kelapa.

Taman Kalijodo

Berikutnya, ada taman Kalijodo yang juga bisa Anda kunjungi ketika berada di Jakarta. Taman Kalijodo sendiri terletak di sebelah Sungai Krendang atau berada di jalan Pangeran Tubagus Angke Blok Siaga No.4, RT.4/RW.5, Angke, Tambora, Jakarta Barat. Taman Kalijodo memiliki luas area sekitar 3,4 hektare serta awal diresmikan pada tahun 2017 lalu. Tak hanya bisa dijadikan sebagai ruang terbuka hijau saja. Namun, taman Kalijodo juga memberikan banyak fasilitas umum seperti area BMX dan Skateboard, area bermain anak serta spot foto pada batu monumen kecil yang berasal dari jerman dan juga seni mural. Bahkan, taman Kalijodo juga sudah dilengkapi area perpustakaan umum dan ruang belajar. Setiap akhir pekan, taman Kalijodo kerap kali dijadikan sebagai stand bazar seperti bazar pakaian, makanan dan juga minuman.

Taman Ayodya

Berikutnya, ada taman Ayodya yang berlokasi di Jl. Lamandau III No.RT.4, RT.4/RW.7, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Taman Ayodya sendiri memiliki luas area sekitar 7.500 meter persegi. Tak hanya itu saja, pasalnya taman Ayodya juga memiliki area kolam buatan dengan luas 1.500 meter persegi pada bagian tengah taman. Kolam buatan di taman Ayodya banyak dihiasi oleh tumbuhan Teratai serta dekorasi lantai yang jika dilihat menyerupai bentuk gurita.

Untuk bisa menambah sisi keindahannya, taman Ayodya juga sudah dilengkapi dengan fasilitas air mancur. Selain itu, ada juga fasilitas, seperti track jogging, bangku, pendopo, gazebo dan toilet sudah ada di area taman Ayodya.

Taman Tribeca

Salah satu destinasi wisata taman di Jakarta Barat ini menarik karena berbeda dengan kebanyakan taman, dimana yang satu ini menjadi bagian dari pusat perbelanjaan (mal). Adalah Central Park, sebuah mal dengan taman di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi.  Memiliki luas 15.000 m2, Taman Tribeca memiliki koleksi sejumlah tanaman berupa pohon rindang dan tanaman hias.  Bahkan juga ada sejumlah kolam dimana terdapat ikan koi dan kura-kura yang bisa diberi makan oleh pengunjung. Menariknya lagi, taman yang ramai dikunjungi pada malam hari dan akhir pekan ini juga menjadi tempat berkumpulnya berbagai komunitas hobi seperti fotografi, dance, sepeda dan sebagainya.

Taman Ria Rio

Anda yang berada di kawasan Jakarta Timur bisa pula menikmati area terbuka hijau.  Bernama Taman Waduk Ria Rio yang berluas 51.000 m2 dimana Anda bisa menikmati pemandangan berupa waduk Ria Rio.  Yang menarik, kawasan ini juga jadi tempat diselenggarakannya Festival of Light pada Desember 2019 hingga Januari 2020 lalu.  Cahaya warna warni di sini jadi daya tarik tersendiri, sehingga tak heran langsung dimanfaatkan untuk berfoto-foto oleh pengunjung. Festival ini diharapkan bisa jadi alternatif rekreasi untuk warga, sehingga tidak melulu harus main ke mal atau bahkan jauh-jauh ke luar kota, karena di sini juga ada Taman Ria Rio.

Taman Langsat

Dari Taman Ayodya Anda bisa berjalan kaki selama 9 menit untuk bisa ke taman lainnya yakni Taman Langsat. Awalnya ini merupakan tempat penampungan bibit, tapi kini telah ditingkatkan fungsinya menjadi tempat penyuluhan.  Jika berkunjung ke sini di pagi hari, Anda bisa menikmati udara sejuk dan kicauan burung yang membuat pikiran lebih rileks.  Fasilitas yang bisa dinikmati di sini antara lain jogging track, area bermain anak, berbagai koleksi tanaman dan tempat pameran flora fauna hingga juga ada danau dan kolam teratai. Menariknya ini bahkan pernah jadi taman di Jakarta untuk pernikahan.  Ya, taman kota seperti ini bisa saja Anda jadikan venue untuk acara tertentu, selagi tentunya mengurus perijinan ke pihak terkait.

Taman Tebet

Sebelum berubah nama menjadi taman Tebet, taman tersebut memiliki nama taman Honda. Taman Tebet sendiri berada di Jl. Tebet Timur Raya No.10, Jakarta Selatan. Taman Tebet juga menjadi salah satu taman yang sampai saat ini selalu ramai dikunjungi masyarakat umum. Bahkan, banyak acara menarik dari berbagai macam komunitas diadakan pada taman Tebet. Tak hanya itu saja, pasalnya taman Tebet juga menyediakan berbagai macam fasilitas umum, mulai dari area jogging track, toilet serta alat kebugaran. Selain itu, banyak tempat makan yang tersedia di area taman tebet. Hal ini akan menjadikan kemudahan bagi Anda yang tiba-tiba merasa lapar di area taman Tebet.

Taman Spathodea

Taman yang berada di kawasan Jagakarsa ini juga tak kalah seru untuk dikunjungi bersama keluarga.  Suasananya nyaman dan asri karena terdapat berbagai tanaman hias, salah satunya adalah Pohon Spathodea. Ini adalah jenis pohon yang berasal dari Afrika yang memang sering dimanfaatkan untuk penghijauan dan pertamanan, karena terbilang tanaman yang cepat tumbuh dan sering berbunga.  Di sini, anak-anak pun bisa bermain dengan nyaman salah satunya bermain ayunan, atau memberi makan ikan di danau kecil yang terletak di tengah taman.  Anda juga bisa berolahraga karena ada fasilitas berupa gym yang alatnya bisa Anda gunakan secara gratis.  Di taman seluas 20.000 m2 ini ada pula fasilitas toilet dan tempat parkir yang memadai.

Taman Waduk Pluit

Taman seluas 10 hektare atau 100 ribu meter persegi ini berada di kawasan Penjaringan dan merupakan taman di Jakarta Utara yang menarik untuk dikunjungi.  Di sini disediakan pula fasilitas untuk olahraga seperti lapangan basket dan futsal, jogging track hingga ada panggung. Sesuai namanya, taman ini berada persis di pinggir Waduk Pluit dan selalu ramai dikunjungi warga.  Ada yang sekedar duduk santai sambil menikmati suasana asri, atau mencicipi jajanan yang banyak dijual di sekitar taman. Tak sedikit pula yang ke sini sengaja untuk membawa anak mereka bermain, bahkan di samping penjual makanan, di sini terdapat banyak penjual mainan anak-anak.