9 Pesona Air Terjun Terindah di Jogjakarta

9 Pesona Air Terjun Terindah di Jogjakarta

9 Pesona Air Terjun Terindah di Jogjakarta – Jogjakarta merupakan daerah istimewa di Indonesia yang memiliki potensi wisata paling lengkap. Tak heran jika propinsi yang berbatasan dengan Samudera Hindia langsung ini memiliki banyak destinasi wisata alam seperti pantai. Ternyata bukan hanya pantai saja yang membuat Jogjakarta terkenal. Pesona budaya, tradisi dan kuliner tradisional khas Jawa menjadi daya pikat utama.

Air Terjun Lepo

Air terjun di Jogja bisa dikatakan sebagai kembaran air terjun Erawan Falls di Thailand yang lebih dulu populer. Air Terjun Lepo memiliki karakteristik tiga terjunan air dengan empat kolam jernih. Anda bisa merelaksasi pikiran jika berlama-lama di tempat yang baru dikembangkan pada tahun 2013 lalu ini. Anda bisa memilih rute menuju Air Terjun Lepo dari Jogja menuju ke Jalan Imogiri Barat, Mangunan, arah Pasar Dlinggo hingga tiba di Dusun Pokoh. Ikuti petunjuk jalan yang ada ataua bertanya pada penduduk sekitar.

Baca Juga: 9 Air Terjun di Lombok Sering di Kunjungi Wisatawan

Curug Siluwok

Gunung Kidul tidak hanya memiliki potensi wisata pantai yang banyak diagungkan banyak orang. Kabupaten di bagian selatan Jogjakarta ini juga memiliki air terjun terbaik bernama Curug Siluwok. Anda bisa bermain air atau berenang di kolam air terjun yang memiliki ketinggian 20 meter. Rute yang bisa Anda tempuh menuju ke air terjun di Jogja ini adalah Termina Jombor-Cebongan-Sayegan-Balangan-kecamatan Minggir-Sambigaluh atau tepat berada di desa Keweron.

Luweng Sampang

Air terjun di Jogja satu ini memang tak kalah memukau dibandingkan air terjun lain. Bahkan, Luweng Sampang mirip dengan The Wave Rock yang ada di Arizona, USA. Pemandangan eksotis dengan bebatuan karst membuat Luweng Sampang begitu terkenal dikalangan traveler. Sebaiknya Anda datang pada musim penghujan jika ingin menyaksikan Luweng Sampang yang memiliki debit air maksimal. Kalau ingin mencoba traveling ke Luweng Sampang, Anda harus melalui rute Yogyakarta-Maguo-Prambanan-Desa Gantiwarno Klaten-SDN 2 Joyoprayan-Balai Desa Sampang dan mengikuti arah menuju ke Air Tejun Luweng Sampang kurang lebih 2 kilometer lagi.

Air Terjun Kembang Soka

Bisa dikatakan bahwa pemandangan Air Terjun Kembang Soka sangat indah dan memukau. Pemandangan yang dimiliki air terjun ini membuatnya memiliki sebutan surga dunia. Meski tidak terlalu tinggi, air terjun ini memiliki sumber air dari tanah. Ada variasi warna air pada kolam Kembang Soka seperti putih, hijau tosca dengan bebatuan warna kuning serta merah.
Eksotisme air terjun di Jogja satu ini bisa Anda dapatkan dengan menempuh perjalanan mulai Tugu Jogja-Jalan Kyai Mojok-Ring Road Barat-Jalan Godean-Pasar Godean-Nanggulan-Pasar Kenteng-Girimulyo-Pasar Jonggrangan-Goa Kiskendo-Banyuganti-Gunung Kelir hingga sampai di lokasi wisata.

Air Terjun Kedung Pedut

Kolam yang jernih berwarna hijau tosca menjadi spot wisata air terjun di Jogja uang paling asyik untuk berenang atau basah-basah ria. Air terjun yang disebut dengan surga dunia ini memiliki pemandangan layaknya surga dunia. Namun, butuh perjuangan ekstra untuk bisa datang ke Air Terjun Kedung Pedut. Anda harus melakukan perjalanan mulai Tugu Jogja-Godean-Pasar Godean-jembatan Sungai Progo-jembatan Bangjo Nanggulan-Pasar Kenteng-Tanjakan Pegunungan Menoreh-Pasar Jonggrangan-Goa Kiskendo-pertigaan gerbang masuk Air Terjun Kembang Soka-Air Terjun Kedung Pedut.

 Air Terjun Grojogan Sewu

Tidak hanya Tawangmangu saja yang memiliki spot wisata Air Terjun Grojogan Sewu, Kulonprogo juga memiliki air terjun dengan nama yang sama. Ya, air terjun di Jogja ini memiliki pemandangan yang luar biasa sebab terpisah jeram yang membuatnya memiliki banyak kucuran. Uniknya, air di sini tidak akan keruh meski musim hujan tiba. Pantas ya menjadi salah satu wisata alam favorit wisatawan lokal atau mancanegara.
Rute menuju ke Air Terjun Grojogan Sewu bisa dimulai dari Jalan Godean menuju ke Pasar Godean, Gedongan, Sungai Progo, Kenteng, Jalan Gua Kiskendo dan ambil perbukitan Menoreh. Perjalanan menuju ke tempat wisata ini lumayan naik turun namun memiliki pemandangan hamparan sawah dan bukit yang eksotis.

Air Terjun Kedung Kandang

Air terjun di Jogja ini begitu istimewa sebab ada banyak tingkatan pada wisata alam di kawasan pegunungan karst Gunung Kidul. Anda juga bisa mengabadikan pemandangan air terjun dengan latar Gunung Api Purba Nglanggeran. Pokoknya cocok dijadikan tempat relaksasi terbaik. Anda bisa menuju ke wisata alam ini melalui dua jalur yaitu jalur utara yang melewati pintu masuk Embung Nglanggeran jalur selatan melalui Sambipitu, arah Gunung Api Nglanggeran, Sendangsari, Putat, Patuk, Gunung Kidul.

Curug Gedhe

Masih di daerah kawasang Gunung Api Purba Nglanggeran, Anda sebaiknya tidak beranjak terlebih dahulu. Pasalnya, air terjun di Jogja juga ada di kawasan wisata alam favorit ini. Curug Gedhe merupakan air terjun yang memiliki ketinggian setidaknya 30 meter dan masih perawan lho! Pemandangan super indah dan kondisi alam yang masih asri bisa Anda temukan di Curug Gedhe. Anda bisa mengikuti rute menuju Curug Gedhe melalui Jalan Wonosari, Bukit Bintang, perempatan Patuk, Ngoro-oro, Tower Stasiun Televisi, perempatan Nglanggeran, Desa Gambyong hingga tiba di Curug Gedhe.

Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun di Jogja yang paling terkenal adalah Air Terjun Sri Gethuk. Pemandangan air terjun satu ini memang layak disebut surga sebab air mengalir di bebatuan karst terlebih dahulu. Hal ini yang membuat Air Terjun Sri Gethuk lebih unik dibandingkan air terjun lainnya.
Untuk menuju ke lokasi Sri Gethuk yang berada di Dusun Menggoran, Bleberan, Playen, Gunung Kidul, Anda harus mengambil arah Wonosari-Piyungan-Patuk-Sambipitu-Pertigaan Lanud AU Lapangan Gading-Pasar Playen-Air Terjun Sri Gethuk < 500 meter. Siapkan stamina Anda untuk trekking jalan yang diapit hamparan sawah luas serta menaiki puluhan undakan tangga, ya!