8 Tempat Wisata Alam Wajib di Kunjungi di Aceh

8 Tempat Wisata Alam Wajib di Kunjungi di Aceh

8 Tempat Wisata Alam Wajib di Kunjungi di Aceh – “Kota Serambi Mekkah” adalah julukan untuk Aceh yang kental akan kebudayaan Islamnya. Namun, tidak hanya itu, kekayaan alam Aceh juga tak bisa diabaikan. Ini panduan untuk kamu yang siap mengeksplorasi tempat wisata alam di Aceh, baik di lautan maupun pegunungan. Tanah Aceh merupakan tanah yang subur. Maka dari itu, tidak heran kalau potensi wisata alam di Aceh seperti tidak ada habisnya.

Pantai Lhok Mee

Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata di Aceh Besar yang memiliki banyak pengunjung. Ini karena di Pantai Lhok Mee terdapat keistimewaan yang tidak ada di kebanyakan pantai lainnya, yakni pemandangan bawah air yang bisa kamu lihat tanpa perlu melakukan diving. Siklus pasang dan surut di Pantai Lhok Mee berlangsung cukup cepat. Saat air sedang pasang, kamu akan mendapati air yang sebening kristal. Namun, saat air sudah surut, kamu akan melihat berbagai jenis terumbu karang serta pohon geurumbang muncul begitu saja seakan sedang memperkenalkan diri.

Baca Juga: 9 Lokasi Wisata Alam di Wilayah Samarinda

Pemandian Air Panas Jaboi

Salah satu spot wisata alam di Aceh untuk keluarga yang wajib kamu coba adalah Pemandian Air Panas Jaboi. Sumber air panas di sini mengandung belerang, sehingga efektif untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit sekaligus menghilangkan rasa lelah. Berendam di pemandian ini pasti menimbulkan sensasi yang unik. Pasalnya, kamu akan berendam sambil dikelilingi pemandangan alam yang indah. Hawa yang sejuk pun bisa membuat kamu tidak ingin cepat pulang.

Danau Laut Tawar

Danau Air Laut Tawar sudah terlihat memesona. Wisata alam di Aceh untuk anak-anak ini masih sangat asri dan cocok untuk bersantai sejenak dari rutinitas. Di danau ini terdapat sederet hotel dan rumah makan yang bisa kamu jajal. Bayangkan makan siang di pinggir danau, rasa makanan yang kamu cicipi pasti jadi meningkat berkali-kali lipat. Selfie di danau ini jadi terasa istimewa berkat latar belakang perbukitan yang ada di area danau.

Air Terjun Blang Kolam

Hidden gem’ adalah kata yang paling cocok untuk menggambarkan Air Terjun Blang Kolam. Pasalnya, tempat wisata Aceh Utara memang cukup tersembunyi dan kamu perlu usaha ekstra untuk bisa tiba di sini. Meski perjalanan menuju Air Terjun Blang Kolam cukup menantang, rasa capek kamu akan terbayar begitu tiba di sana. Air terjun dengan aliran kembar ini dikelilingi oleh tebing yang rimbun, serta kolam alami yang cukup besar. Dengan ini, kamu jadi bisa leluasa main air walau lokasi sedang ramai.

Gua Sarang

Jalur menuju ke Gua Sarang tidak bisa dibilang gampang. Pasalnya, untuk menuju ke gua ini, kamu harus melewati hutan serta tebing yang terjal. Tapi, setelah melewati jalur yang ekstrem, kamu akan mendapati tujuh mulut gua yang menakjubkan. Ketujuh gua ini diikelilingi oleh tebing yang menjulang serta air laut yang jernih gemerlapan. Gua yang menjadi sarang kelelawar dan burung walet ini bisa kamu telusuri dengan cara naik perahu atau snorkeling.

Pulau Banyak

Tidak salah jika daerah ini bernama Pulau Banyak, karena tempat wisata Aceh Singkil ini memang memiliki banyak banyak pulau kecil yang bisa kamu jelajahi. Pada dasarnya, Pulau Banyak adalah suatu kecamatan yang terbagi menjadi lebih dari 8 pulau kecil. Lokasi ini cocok sekali untuk kamu yang hobi island-hopping dan snorkeling, lantaran lingkungannya yang masih asri dan sepi. Serasa pulau miliki sendiri, deh, pokoknya.

Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk adalah satu objek wisata alam Banda Aceh yang terkenal. Pasalnya, pantai ini mengalami kerusakan cukup parah saat kejadian tsunami di 2004 silam. Pernahkah kamu mendengar berita tentang ini? Saat ini, Pantai Lampuuk sudah berbenah dan kembali menjadi destinasi wisata alam favorit penduduk lokal maupun turis. Di sini, selain main di pantai yang berkilau bak permata, kamu juga bisa makan seafood yang segar serta mampir ke konservasi penyu.

Pantai Iboih

Bicara tentang Aceh, tentu mustahil jika tidak membicarakan titik terluar di Indonesia, yakni Sabang. Ternyata, tidak jauh dari titik nol kilometer Indonesia, ada pantai yang indah dan asri, yakni Pantai Iboih. Daya tarik pantai di Aceh ini terlihat dari air lautnya yang jernih dan berkilau berkat pantulan cahaya matahari. Namun, kalau mau melihat keindahan maksimal, kamu wajib bangun pagi hari untuk melihat momen sunrise di pantai ini.