8 Daerah Wisata Pantai dan Pulau yang Menarik di Manado

8 Daerah Wisata Pantai dan Pulau yang Menarik di Manado

8 Daerah Wisata Pantai dan Pulau yang Menarik di Manado РManado adalah ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Kota ini terkenal dengan objek wisata bawah lautnya yang cantik dan memesona yaitu Taman Laut Bunaken.  Saking populernya, Taman Laut Bunaken telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO sejak 2005.

Baca Juga: 11 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia

Namun, wisata Manado dan sekitarnya ternyata bukan hanya Bunaken, lho! Kota yang mendapat julukan Kota Tinutuan ini memiliki pesona wisata yang mungkin belum banyak diketahui orang. Keindahannya membuat Kota Manado sangat layak untuk dijelajahi. Nah, apakah kamu punya rencana untuk datang ke Manado dalam waktu dekat? Jangan lewatkan sejumlah destinasi wisata di sekitarnya agar momen liburan kamu semakin berkesan.

Air Terjun Kima Atas

Salah satu objek wisata favorit bagi warga lokal di Manado adalah Air Terjun Kima Atas. Air terjun yang terdiri atas tiga undakan tersebut dikelilingi oleh pemandangan yang masih alami. Seperti di air terjun pada umumnya, yang bisa kamu lakukan antara lain bermain air dan berenang. Kolam yang jernih membuat pengunjung semakin betah. Selain itu, kamu juga bisa menjelajahi tempat-tempat di sekitarnya.

Taman Laut Tumbak

Taman laut lainnya yang bisa kamu kunjungi saat singgah ke Manado, yaitu Taman Laut Tumbak. Beberapa titik diving dan snorkeling yang populer di Taman Laut Tumbak antara lain Napo Kipas, Bohaga Kecil, Pintu Samudra, dan juga Taman Karang. Bentang alam bawah laut di Tumbak yang tak kalah cantik ini membuktikan bahwa Sulawesi Utara merupakan salah satu pilihan destinasi liburan terbaik untuk para pecinta diving dan snorkeling.

Pantai Malalayang

Merupakan kota yang terletak di pesisir pantai, Kota Manado memiliki banyak objek wisata pantai. Salah satunya, Pantai Malalayang yang berada di wilayah Kecamatan Malalayang. Aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung di pantai ini antara lain diving, wisata kuliner, atau sekadar menikmati keindahan alam di sekitarnya. Untuk mencapai Pantai Malalayang dari pusat kota Manado, Anda hanya butuh waktu perjalanan sekitar 25 menit. Jangan lupa untuk mempersiapkan biaya masuk sebesar Rp5.000 per orang.

Taman Hutan Raya Gunung Tumpa

Kamu akan puas menjelajahi wisata alam saat berkunjung ke Manado. Salah satu objek wisata yang bisa kamu datangi adalah Taman Hutan Raya Gunung Tumpa. Spot tertinggi di Tahura Gunung Tumpa adalah 600 meter dari permukaan laut. Itulah sebabnya, kamu bisa menyaksikan pemandangan Gunung Lokon, Gunung Klabat, dan Pulau Manado Tua di atasnya. Tahura Gunung Tumpa termasuk dalam wilayah Tongkaina, Bunaken. Lokasinya sangat cocok untuk bersantai sambil menyaksikan pemandangan lautan. Bagi yang suka fotografi, ada banyak spot instagramable yang memuaskan di sini.

Pulau Manado Tua

Satu lagi objek wisata yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Manado yaitu Pulau Manado Tua. lokasinya di kawasan Taman Nasional Bunaken. Ada sejumlah pantai yang cukup populer di Pulau Manado Tua, di antaranya Pantai Apeng Datu, Pantai Apeng Salah, Pantai Apang Gugu, dan Pantai Batu Layar. Di sini pengunjung bisa diving, berenang, atau berjemur sambil menyaksikan sunset. Bukan hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi hutan bakau. Aktivitas lain yang seru dan tidak biasa adalah berinteraksi dengan dugong atau lumba-lumba.

Pulau Siladen

Selain Pulau Bunaken, keindahan alam bawah laut Manado juga bisa kamu nikmati di Pulau Siladen. Pulau ini merupakan destinasi wisata alternatif, khususnya bagi yang hobi melakukan aktivitas diving. Pulau yang terletak di arah timur laut Pulau Bunaken tersebut juga dihiasi pantai yang berpasir putih. Airnya pun sangat jernih. Selain itu, pulau ini ditumbuhi oleh banyak pepohonan. Udaranya segar dan suasananya sejuk. Bukan hanya diving, kamu juga bisa snorkeling di sekitar perairan yang dangkal. Aneka hewan laut dengan bentuk yang menakjubkan akan terlihat dengan jelas, termasuk terumbu karang.

Pulau Lihaga

Ingin merasakan sensasi menjelajahi pulau tak berpenghuni? Pulau Lihaga bisa jadi objek wisata di Manado selanjutnya yang bisa kamu kunjungi. Layaknya pulau-pulau indah lain di Indonesia, Pulau Lihaga menawarkan suasana khas pulau tropis yang masih alami dengan pepohonan rimbun dan pantai dengan perairan yang kebiruan. Sama seperti destinasi wisata bahari lainnya di Manado, perairan di sekitar objek wisata Manado satu ini juga terkenal sebagai salah satu tempat diving dan snorkeling favorit.

Pantai Patokan

Destinasi tempat wisata di Manado selanjutnya ini bisa dikatakan cukup tersembunyi dan memiliki akses yang cukup sulit. Namun, perjalanan sulit untuk mencapai Pantai Patokan ini tentu sepadan dengan keindahan panorama alam yang disajikannya. Selain pasir putih dan laguna berwarna hijau kebiruan, ciri khas utama dari objek wisata di Manado satu ini adalah keberadaan dua tebing megah yang mengapit pantai, memberikannya view eksotis yang sangat indah.